Merenungi Hidup

Pernahkah kamu merenungi hidupmu? Aku rasa semua orang dewasa pernah melakukannya. Paling tidak sekali seumur hidupnya.

Tema merenungi hidup sepertinya berat banget ya. Cenderung filosofis. Padahal tak selalu harus demikian kan? Karena semua manusia adalah makhluk cerdas yang dikaruniai perangkat lunak berupa akal, jiwa, nafsu dan hati untuk memahami eksistensi dirinya sendiri. Maka tindakan merenung dan memahami diri sendiri menjadi hal yang lumrah.

Salah satu yang mendorong manusia merenungi hidupnya sendiri adalah keinginan untuk selamat. Baik selamat di kehidupan sementara mau pun kehidupan di alam keabadian.

Tetapi, manusia juga diberi sifat kemanusiaan yang berpotensi membuat manusia melakukan penyelewangan terhadap aturan hidup yang dapat menjerumuskan pada ketidakselamatan. Seperti sifat lupa, khilaf, iri hati, tamak, dusta, dan sebagainya.

Sifat-sifat negatif ini pada waktunya mengalami klimaks atau kejenuhan di titik puncak, sehingga berdampak terhadap menurunnya kebahagiaan manusia. Penurunan kebahagiaan itu akan memuncak pada titik manusia menuai kesengsaraan batin. Atau konflik di dalam batin. Di titik itu manusia mulai ada keinginan untuk mengevaluasi dirinya sendiri. Benarkah tindakanku?

Kalimat tanya, “Benarkah tindakanku bisa menjadi pemicu efek berikutnya. Siapakah aku, dari mana aku, dan akankah ke mana aku?” Kalimat-kalimat tanya ini alan menjadi pertanyaan yang sangat penting untuk dijawab baik dengan kata-kata dan perilaku sehari-hari.

Karena hidup hanya sebentar. Ajal bisa menjemput kapan saja. Banyak hal yang begitu penting untuk dipersiapkan dan dituntaskan. Semua itu agar ketika batas waktu kehidupan telah sampai di garisnya, tak akan ada lagi penyesalan. Bahkan penyesalan abadi, karena hidup tak mungkin diputar ulang.

Seperti malam ini. Kurenungi hidupku yang beberapa tahun lagi menuju setengah abad.

***

Depok 6 Februari 2021

8 responses to “Merenungi Hidup

  1. Pingback: Taklukkan Tantangan BW – Ikatan Kata·

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.