Harapanku Untuk Dunia Blogging

pic: hkomputer.com

Beberapa kali aku mengamati tampilan komen dan like tulisan-tulisan baru di halaman readers atau pembaca di aplikasi wordpress. Bisa a dengan jari sebelah tangan berapa jumlah tulisan yang mendapat komentar. Scroll 2 atau 3 kali baru menemukan tulisan yang ada komentar pembaca. Kalau like masih lumayan, hampir setiap scroll ada satu dua tulisan dilike. Entah like karena sudah membaca dan memang suka atau like tanpa membaca isinya. πŸ˜€ Makin lama makin sepi ya, dunia blogging.

Tiga tahun yang lalu, aku masih merasakan teman-teman blogger masih antusias menulis, saling berkunjung, saling like dan komentar. Tetapi sekarang nampaknya jauh berbeda. Semoga saya salah. Dulu sempat ikut gabung di grup menulis Obrolin yang sekarang sudah mati suri. Padahal dulu grupnya cukup ramai dan sering buat event menulis. Ke manakah gerangan teman-teman di sana ya?

Sekarang para blogger seperti asyik dengan dunianya masing-masing. Banyak pula blog yang sudah tak diupdate bertahun-tahun. Mungkin mereka sudah punya kesibukan baru atau pindah platform youtube, ya?

Namun demikian, aku berharap masih banyak temen-temen yang setia menulis di blog seperti ini. Gak enak juga ya, kalau dunia blogging makin sepi dan sedikit teman yang masih mau menulis. Siapa yang akan baca tulisan kita nantinya jika satu persatu berhenti menulis? πŸ˜€

Sahabat, aku berdoa semoga kita masih bisa menulis di sini. Syukur-syukur juga rajin baca tulisan teman-teman kita dan meninggalkan jejak (blog walking). Aku percaya itu akan menjadi hal positif di dunia blogging. Apalagi jika semua itu kita lakukan dengan tulus.

Sahabat, kiranya itu hanya sebuah uneg-uneg saja dari seseorang yang berharap dunia blogger tidak cepat punah. πŸ˜€

I hope.

25 responses to “Harapanku Untuk Dunia Blogging

  1. Kenapa gak bikin komunitas baru aja kalau yang dulu mati suri, Mas?

    Aku juga pernah membahas hal ini di blogku. Pesatnya pamor Youtube dan media sosial lainnya kurang lebih memiliki peran dalam berubahnya ketertarikan orang untuk lebih senang menonton sesuatu daripada membaca, apalagi harus menuliskan buah pikirannya ke dalam tulisan.

    Kalau untukku, mau dibaca atau nggak sama orang lain, I don’t care. Yang aku lakukan adalah menulis sebagus yang aku bisa. Sisanya serahkan saja kepada para pembaca.

    Liked by 2 people

    • Waduh.. aku biasanya gabung aja mas. Kalau buat komunitas gk sanggup.

      Iya, aku jg maunya gk peduli dibaca atau tidak. Alhamdulillah sih sampai skrg bisa tdk terlalu berharap. Tetapi mungkin banyak teman2 begitu yak ada yg like atau komen cepet down semangat nulisnya.

      gitulah mas Isfah, uneg2ku. Yg penting dah aku tulis. Plong. πŸ˜€

      Barangkali mas Ishfah mau create community. Aku siap dukung anda gabung. πŸ˜πŸ‘

      Like

    • Iya Momo taro. Ayo nulis terus ya. Saling support. Kalau aku lama gk nulis tolong diingetin ya.

      Kurasa masih akan ada orang yg suka menulis walaupun teknologi terus berkembang.

      Like

  2. Ayo buat komunitas baru, Mas! Nanti ku mau gabung, hehe πŸ˜…
    Tidak bisa dipungkiri, meskipun selalu bilang menulis untuk diri sendiri, tapi selalu ada rasa senang kalau ada orang yang mau membaca punya kita. Jadi, semua harapan yang Mas langitkan, aku juga aamiinkan.

    Liked by 1 person

  3. iya katanya makin sepi. Padahal ngeblog itu asik dan menurut saya gak bisa dicompare sama platform sosmed lain. Mau sibuk sampe jungkir balik main IG bahkan kencaduan buka IC, ya saya tetep usahain ngeblog juga. Feel nya beda banget gitu, hehehe…..

    Liked by 2 people

  4. Saya udah nulis lagi kok Mas. Tapi emang sih Obrolin makin sepi, sedih 😒😒. Mungkin kesibukan pekerjaan atau lainnya sudah menyita banyak waktu. Moga nanti kita ramai lagi. Horeeeeaaay πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰

    Like

  5. Pingback: Komunitas Bloger Ikatan Kata: Obat untuk Kamu yang Kesepian – rufindhi·

  6. Pingback: Para Pengikat Kata – After Reading Play~♬·

  7. Pingback: Ikatlah Ilmu dengan Ikatan Kata – Cerita dan Pengetahuan·

  8. Pingback: Attention! Ada Komunitas Bloger baru, gabung yuk! – Maria Frani Ayu·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.