Wang Sinawang

ilustrasi: hhonhon.blogspot.co.id

“Kelihatannya enak ya, kerja bapak itu.  Enak ya kerja di perusahaan besar. Enak ya, jadi wirausaha. Bisa mengatur semua sendiri. Bisa libur kapan saja mau. Enak ya jadi ini, jadi itu. ” begitu kira-kira cara sebagian kita, termasuk penulis pernah memandang kehidupan orang lain dengan kacamata seperti itu. Memandang dari jendela pikiran sendiri.

Tapi apa benar demikian? Mungkin sebagian ada benarnya, namun sebagian besar tidak.

Ada yang punya pekerjaan dengan penghasilan besar. Tapi ia harus rela berpindah-pindah tugas dari satu kota ke kota lain. Bahkan ada yang harus berpisah dari keluarga selama berbulan-bulan. Sedang sebagian orang bisa setiap hari bertemu keluarga, tapi penghasilan sehari-hari beda jauh dengan mereka yang mau mengorbankan waktunya sebagai resiko dan tuntutan pekerjaannya yang berat.

Ada yang pekerjaannya beresiko tinggi, seperti pekerja tambang , pilot, ilmuwan, dokter bedah dan lain-lain. Mereka bekerja dengan tekanan yang tinggi dan apabila salah sedikit bisa fatal akibatnya. Konsekwensi dari semua itu adalah imbalan penghasilan yang besar  sebanding dengan pekerjaannya. Tentu berbeda dengan yang memilih pekerjaan yang tak memerlukan keahlian khusus dan resiko kecil.

Ada yang berani merubah nasib dengan wira usaha dan lepas dari area zona nyaman. Mereka berani mengambil resiko kemungkinan bangkrut dalam usahanya, tapi saat berhasil ia bisa meraih kesuksesan finansial yang jauh di atas pekerjaan menjadi pegawai.

Setiap gerak kehidupan memiliki resiko yang sebanding. Dan apa yang kita dapat sudah terukur dengan apa yang kita usahakan dan putuskan. Barangkali itu bagian dari hukum keseimbangan di alam ini. Setiap gerak fisika maupun gerak batin akan menimbulkan reaksi yang sama besarnya.

Dan pada akhirnya, kita seharusnya mengakui bahwa semesta ini diciptakan dengan teratur dan adil. Wang sinawang kata orang Jawa. Atau pepatah klasik, rumput tetangga selalu nampak lebih rimbun.

Jakarta, 13 Juli 2017

  • wang sinawang = saling melihat dan orang lain selalu terlihat lebih enak dari kita

 

Advertisements

2 responses to “Wang Sinawang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s