JONES

Puisi Humor 

LELAKI SETIA

konon
tersebutlah kisah tentang seorang gadis manis
di sebuah desa di bawah lereng gunung merapi
Gendis Pambayun namanya
ia kini berbahagia bersama pujaan hati
bersama kekasih barunya
lelaki setia dari timur Jawa

dialah Pairunn Adi
lelaki dewasa dan sangat mandiri
kepribadiannya tiada tertandingi
rajin bekerja dan menabung setiap hari
dialah lelaki sejati yang telah memalingkan hati
dari pesona semua lelaki
yang pernah menawarkan diri

kepada mak Eka Murti, Gendis mencurahkan semua isi hati
bahagia dan suka citanya
“Doakan ya mak Eka, Gendis bisa berbahagia selamanya
bersama mas Pairunn Adi
Ia pernah bersumpah dan berjanji sehidup semati”
Gendis memeluk mak Eka erat-erat
dan dunia menjadi indaah sekali

“Diajeng Gendis, kaulah satu-satunya wanita yang mampu merebut seluruh hatiku.
mas tak akan pernah berpaling kepada wanita lain, selain diajeng.”
Gendis Pembayun sumringah mendengar janji Pairunn.

Aku percaya mas, dirimu adalah lelaki setia
lelaki idamanku yang telah lama kunanti
hatiku pun hanya milikmu
kedua sejoli pun larut dalam kisah asmara
seperti Rama dan Sinta

hingga pada suatu ketika
bagai disambar petir di siang bolong
Gendis seakan mau pingsan
bahkan terbersit niatan gantung diri
di pohon padi
tak percaya apa yang terjadi
di depan mata kepala sendiri
dilihatnya pemandangan yang memilukan hati
Pairun bergandengan tangan mesra sekali
Dengan seorang lelaki perindu, Dues K Arbain
sungguh, tak pernah terlintas dalam hati
akan terjadi perselingkuhan ini

Tanpa ba bi bu dilabraknya Pairunn Adi
“Mas,… tega sekali kamu mengkhianati aku ya?
Mudah sekali kamu mengingkari janjimu?”

Anehnya, Pairunn dengan santai menghadapi Gendis yang sudah tak terkendali
“Oh, Gendis kamu sedang apa di sini? Janji mas yang manakah yang aku ingkari?”

“Jangan pura-pura, mas. Bukankan mas berjanji tak kan berpaling kepada wanita lain? Ingat janjimu mas?”

“Hehe, lho memang aku gak pernah berpaling kepada wanita lain.
Kau lihat sendiri, yang bersamaku ini seorang lelaki sejati.”

Gendis tak mampu berdiri lagi. Mulutnya tak mampu berkata-kata.
Tiba-tiba ia sudah terbangun di pangkuan mak Eka.

***

LELAKI SUNYI

 

lelaki sunyi sedang frustrasi
ia datang ke psikolog
berharap solusi
kata psikolog ia harus menyisir rambutnya setiap hari
biar nampak rapi
dan tak lagi frustrasi

lelaki sunyi itu juga mengeluh
kepalanya pusing, sakit sekali
ditemuinya dokter
dokter memberinya obat sakit kepala dan menasehati
model rambutnya perlu diperbaiki
agar lebih trendi

tiba-tiba alis dan kupingnya sedutan
lelaki sunyi khawatir dengan pertanda yang menggelisahkan
ia pun mendatangi dukun
mbah, apa yang terjadi dengan diriku ini?
kata simbah, sebaiknya kamu diruwat
dan rambutmu harus dipotong 10 senti

Lelaki itu mengumpat dalam hati
Dasaaarrr…!!!
dukun, dokter dan psikolog.. gak ada yang bener
semua sakit katarak
memangnya apa yang bisa dilakukan dengan kepalaku yang botak ini?

**

 

CINTA

hidup tak berarti
tanpa cinta
hidup menjadi gelap
tanpa cinta
hidup akan sekarat
jika hilang cinta
cinta mampu mengalahkan segalanya
namun seringkali
cinta dikalahkan oleh
Uang

**

LUAPAN CINTA Pairunn PIT PADA KEKASIHNYA, Langit JOLIE

bagiku
engkau wanita tercantik
bagiku
engkau wanita terbaik
bagiku
engkau wanita terhebat
bagiku engkau segalanya
di dunia ini

tubuhmu seksi laksana Angelina Jolie
tutur katamu lembut laksana putri Anjani
kulit tubuhmu putih, seputih sapi
singkat kata
kau begitu sempurna
buat Pairunn Adi

seringkali aku mengajakmu ke pesta resepsi
orang-orang memandang kita dengan iri
mungkin mereka berbisik dalam hati
kita sepasang kekasih yang sangat serasi
bagaikan Brat Pit dan Angelina Jolie

tiba-tiba ada yang terkesima
lalu nekat bertanya pada kami
mas dan mbak, sepertinya saya pernah lihat sampean
di mana? tanyaku
di film Beauty and The Beast

Anjriiiiittt…… !!!

**

PELECEHAN SEKSUAL

sepulang dari Semanggi
Susanto menangis histeris
sesenggukan dengan kepala direbahkan
di pangkuan mak Eka

“Cup.. cup.. cup.. Susanto anakku sing bagus dewe..
apa yang terjadi denganmu? katakan pada Emak.”

“tadi sore di bus Kopaja ada yang kurang ajar sama Susanto, Mak
Diam-diam ia pegang-pegang pahaku,
peluk-peluk dan dorong-dorong pake anu..”

“Apa?” Mak Eka penasaran
“Itu namanya pelecehan seksual!
Tapi orang gila mana yang doyan melecehkan anakku?” mak Eka penasaran.

“Hiks..hiks..” Susanto menangis lagi setiap kali teringat peristiwa itu

“Tenang, le.. kamu ingat gak ciri-cirinya?
Nanti emak akan cari
kita lapor polisi atau
kutembak sendiri batok kelapanya.. eh, kepalanya.”

“Hah..jangan mak… jangan, tolong jangan diapa-apakan, apalagi ditembak!”

“Lho kenapa tidak, dia sudah melecehkanmu, anakku..”

“Jangan mak, pokoknya jangan…”

“Aneh kamu ini, orang jahat kok gak boleh dikasih pelajaran?”

“Jangan mak, soalnya…… dia ganteng” jawab Susanto malu-malu.

“Gubraaaaak!!! Mak Eka pingsan seketika.”

***

 

 

Puisi Tentang Jomblo Ngenes

JONES

di kamar yang sunyi
ia meratapi malam minggunya yang kelabu
sendiri berteman tivi
berdoa semoga tak menjumpai sepasang muda-mudi
yang membuatnya sesak kalbu

ia berpesan pada tokek
terdengar seorang kakek berhitung di bawah cuaca mendung
hujan.. tidak.. hujan.. tidak…hujan.. tidak…
aahhh… tolonglah tokek, jangan berhenti di situ
kuharap malam ini banyak kencan yang tertunda
biar semua jomblo di dunia
sama-sama sendiri seperti diriku

ia melongok keluar jendela
dilihatnya truk gandeng bergandeng mesra
lalu tertunduk , geram dan malu
truk gandeng pun tega mengoyak perasaanku

lantas ia meratap pada Langit
wahai langit…
saksikan betapa setianya aku
menunggui tanpa batas waktu
kekasih yang akan menjadi pacarku

Langit tersenyum
tenanglah, kawan..
jomblo bukanlah kemalangan
jomblo hanyalah kisah cinta yang tertunda

***

KISAH CINTA

di malam Minggu yang dingin dan sepi
Susanto mengenang kisah cintanya dengan pujaan hati
ada Desi
Ratna
Rini
Sinta
Sari
Cindi
Suparmi
Tini
dan masih banyak sekali yang dicatatnya
di buku diary yang berwarna pinki
tapi sayang
semua kisahnya
bertepuk sebelah kaki..

apa boleh buat
tak ada rotan akar pun jadi
janda menolak tak apalah Pairunn Adi

🙂

MATRE

wahai pujaan hatiku…
aku ingin meminangmu dengan puisi

dan kamu terpingkal-pingkal
geli…

haha… ada-ada aja kamu
apa hebatnya puisi?
tak bisa membeli rumah dan mobil mercy
bawa saja segenggam permata atau emas murni
lalu puisimu jadikan saja pembungkusnya

aku pulang
mencari tali
ingin gantung diri
sore ini
di pohon bayam

***

PETUALANGAN SUSAN

kerjanya malam hari
orang-orang berangkat kerja
ia pulang pagi
kawan-kawinnya memanggilnya Susi
mulai saat terbenam matahari
hingga fajar menghampiri

kantornya di Taman Walang
penampilannya jalang
hobynya bergoyang
menakhlukkan mata keranjang
yang tak cukup satu liang

mukanya cantik
jarinya lentik
tapi kaget aku kaget bukan kepalang
Saat membaca stiker motornya :
“Lelaki sejati
selalu oper gigi!”
***

#haripuisisedunia

#haripuisisedunia_hp

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s